nasihat1

Setiap Insan Mendapatkan Nasihat & Peringatan

بسم الله الرحمن الرحيم

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ

بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Allah Swt berfirman “Serulah (manusia) kepada jalan tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. sesungguhnya tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. An-Nahl:125).
Sehubungan dengan itu Al-‘Allamah Sayyid Abdullah bin Alwi Al-Haddad mengarang sebuah kitab Da’wah Attammah wa Tadzkirah al-‘Ammah. yang menjelaskan bahwasanya ada 8 kelompok manusia yang mendapatkan peringatan dan nasihat.
1. Seruan Bagi Para Ulama
2. Seruan bagi para ahli ibadah dan para Zahid.
3. Seruang bagi para pemimpin, sulthon dan penguasa pada orang islam
4. Seruan bagi para pedagang, petani, dan pengusaha.
5. Seruan bagi para fakir, kaum lemah dan masyarakat yang terkena bencana.
6. Seruan bagi para pengikut yang meliputi Anak-anak, istri dan budak.
7. Seruang bagi orang-orang yang sibuk taat kepada allah dan melakukan pelanggaran terhadap allah.
8. Seruan bagi orang-orang kafir dan musyrik.
artinya setiap manusia akan mendapatkan atau memetik apa yang ia tanam di dunia…jika yang ditanam baik maka ia akan memetik hasil yang baik pula. begitu pun sebaliknya, jika buruk, maka yang ia petik buruk pula.
posisikan diri kita dengan sebaik-baiknya. jika kita adalah seorang hamba maka tentu kita harus tunduk dan patuh kepada sang pencipta, yaitu Allah swt. dengan begitu kita tidak akan pernah berburuk sangka kepada allah.
wallahu a’lam
semoga bermanfaat terutama bagi saya pribadi.

W :love: Al-Wafa’