40008-Yasin-dan-Tahlil-Hijau

ABROR dan MUQORROBIN

PerbuatanYg dilakukan oleh kaum Abror ( orang”baik ) jika itu terjadi Pada kaum Muqorrobin ( hamba Yg Levelnya dekat dgn ALLAH )maka itu di anggapSebagai perbuatan dosa, Imam Syafii mempunyai sahabat yg bernama Syaiban Ar’roi beliau adalah hamba yg dekat dgn Allah SWT, suatu saat dia ditanya oleh salah satu murid Imam Syafii yg dimana pertanyaan tersebut untuk mengetes Syaiban..
Lalu ditanya: “ya Syaiban aku ingin bertanya …
bagaimana hukum orang yg ragu dalam sholatnya apakah sudah 4 rakaat atau baru 3 rakaat ,?,
Dijawab oleh Syaiban, “aku jawab dengan madzhab ku apa dengan madzhabmu ?
Lalu si penanya berkata: ” memang masalah ini ada 2 jawaban ??? iya klw begitu sebutkan keduanya dari madzhab ku dan madzhabmu”
Dijawab oleh Syaiban: “kalau dari madzhab mu orang yg ragu atau lupa dalam sholat apa sudah 4 rakaat atau 3 rakaat maka bagi dia menambah 1 rakaat dan diteruskan dengan Sujud sahwi, tapi kalau dlm madzhab ku jika terdapat Seorang hamba lupa dan ragu dalam sholatnya maka wajib bagi dia terkena sangsi yaitu berupa pukulan”, seraya dia berceloteh bagaimana seorang hamba yg menghadap kepada Rajanya tapi dia lupa terhadap Tuhannya.

Lalu ditanya kembali si Syaiban: “berapa zakat yg wajib dikeluarkan bagi si pemilik hewan ternak kambing ?”
Dijawab: “menurut madzhabku apa madzhabmu?”
“memang ada 2 pendapat pada masalah ini?” ( dengan terheran” si penanya ), maka dijawab: ” iya”
” kalau begitu sebutkan ke duanya”, jwb si penanya.
Dijawab oleh Syaiban: “kalau dlm madzhabmu, setiap pemilik kambing yg telah mencapai 40 ekor maka wajib bagi dia mengeluarkan satu kambing”, si penanya membenarkan jawaban tersebut.
” tapi kalau dlm madzhabku المال ومالكه لله harta dan harta kepunyaan tuanku itu semuanya milik الله jadi kalau aku punya 40 kambing maka seluruh kambing yg aku punya akan aku keluarkan karnaالله SWT”.

Kesimpulan setiap amal ibadah yg kita lakukan itu sama, tapi yg membedakan adalah cara dlm beramal tersebut. Level nya beda, Maqomya pun jg beda, maka marilah kita perbaiki cara beribadah kita terhadap الله agar level kita semakin naik dan tergolong من المقربين
Amin yarobbal Alamin .

Tinggalkan Balasan