xx

ASAL USUL API DI DUNIA INI

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

 

Diriwayatkan bahwa Rasululallah SAW pernah menceritakan asal usul kejadian api di dunia ini. Setelah Nabi Adam a.s diturunkan ke dunia karena kelalaiannya, memakan buah yang dilarang oleh Allah swt. Maka ALLAH SWT memerintahkan Jibril a.s supaya mengambil api dari neraka, untuk dibawa ke dunia sebagai keperluan Nabi Adam a.s. Maka jibril a.s pun diperintahkan untuk meminta api tersebut kepada malaikat penjaga api neraka yaitu Malaikat Zabaniah.

Lalu terjadilah percakapan diantara kedua Malaikat tersebut,

Jibril :
” wahai Zabaniah,aku diperintah oleh Allah SWT untuk mengambil sedikit api dari Neraka untuk dibawa ke dunia guna keperluan Nabiullah Adam a.s.”

Zabaniah :
“seperti apa sedikit itu ?”

Jibril :
“sebesar kurma.”

Zabaniah :
“kalau sebesar buah kurma Api Neraka itu engkau bawa, niscaya akan cairlah tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi akibat panasnya.”

Jibril :
“kalau begitu berilah aku separuhnya saja dari kurma itu…”

Zabaniah :
“kalau separuhnya saja dari kurma itu kuberikan dan api neraka ini engkau letakan di dunia, niscaya tidak akan turun setetes air hujanpun dari langit dan tidak ada satupun tumbuhan akan tumbuh di bumi nanti..”

Melihat keadaan yang rumit itu maka Jibril a.s pun menghadap Allah SWT untuk mendapatkan petunjuk lagi, lalu Allah SWT pun memerintahkan supaya Jibril mengambil sebesar biji sawi saja dari api neraka untuk di bawa ke Dunia.

Maka Jibril a.s pun meminta Api Neraka sebesar biji sawi dari Malaikat penjaga Api Neraka [ Zabaniah ] tetapi karna terlalu sangat amat panas Api Neraka itu, maka harus didinginkan terlebih dahulu dengan mencelupkannya sebanyak 70x kedalam sungai di Surga dan sebanyak 70x di sungai lainnya didalam Surga.

Setelah itu Jibril a.s pun membawa api Neraka itu turun ke Dunia dan diletakan diatas sebuah bukit yg tinggi.

Tetapi setelah beberapa saat diletakan, tiba-tiba bukit itu terus meleleh maka cepat-cepat Jibril mengambil lagi api neraka tersebut dan dibawa lagi ke Neraka.

Hanya sisa-sisanya sajalah dari pecahan api neraka yg sebesar biji sawi tersebut yang terdapat didunia ini, seperti api yg sering kita gunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari, dan juga api yg terdapat di gunung berapi di Dunia ini, dll

 

Wallahu a’laam.

Tinggalkan Balasan