cara-menjamak-sholat-www.wjhg_.com-as

Apa itu Jawaz

Apa yang dimaksud dengan Jawaz ?

Setiap waktu2 sholat dr sholat 5 waktu terbagi menjadi 6 waktu:

  1. waktu FADHILAH:waktu sholat yg jika sholat di kerjakan di waktu tsb maka dia aka mendapat pahala sholat diawal waktu.masuknya waktu ini dr saat masuknya sholat sampai seseorang mengerjakan keperluan2 seblm dia sholat sprti wudhu dll.
  2. waktu IKHTIYAR:waktu yg di pilih syariat utk melaksanakn sholat di waktu tsb sebgai alternatif krn tdk melakukan sholat di waktu fadhilah.mulai waktu ikhtiyar setiap sholat berbeda2.
  3. waktu JAWAZ:waktu yg di perbolehkan mengakhirkan sholat di waktu tsb dan tdk mendapat dosa jika sholat 5 waktu di lakukan di waktu jawaz ini,waktu jawaz di bagi dua:MAKRUH & TDK MAKRUH.mulai masuk waktu JAWAZ berbeda2 setiap sholatnya.
  4. waktu HAROM:waktu yg jika dikerjakan sholat di waktu ini maka dia mendapat dosa kecuali ada adzar yg diterima dlm syariat.masuk waktunya adalah jika sholat itu tdk sampai di kerjakan dg sempurna diwaktunya.
  5. 5.waktu UDZUR:waktu sholat yg boleh di gunakan utk menjamak sholat di waktu tsb baik jamak taqdim atau ta’khir krn bepergian dll.
  6. waktu DHORUROT:bagian dr setiap akhir waktu sholat dimana jika ada pada diri seseorang hal2  yg menghilangkan kewajiban sholat sprti haid,nifas,pingsan,gila dll,kemudian dia terlepas dr halangan tsb.maka hukumnya jika masih tersisa dr waktu sholat kadar waktu utk mengucapkan takbirotul ihrom atau lebih maka dia telah mendptkn waktu dhoruroh sehingga dia wajib mengqodho sholat di waktu tsb dan waktu sebelumnya jika sholat sebelumnya itu bisa di jamak sprti sholat dzuhur dg ashar,maghrib dg isya’.

والله أعلم

- Ustadz Sofyan Harris -

Tinggalkan Balasan